KALKULATOR HARGA BAHAN BAKAR DI PERTAMINI TABUNG (PERTAMINI MANUAL)

 Assalamu'alaikum teman-teman

Semoga kita semua selalu diberikan nikmat kesehatan serta rahmat dan hidayah oleh Allah Subhana Wata'ala.

Setelah sekian lama saya tidak membuat artikel untuk diposting, Alhamdulillah akhirnya hari ini saya berkesempatan untuk sharing sebuah aplikasi atau file excel yang saya gunakan untuk menentukan harga (lebih tepatnya untuk menentukan jarak antara strip penunjuk harga) pada mesin pertamini tabung atau pertamini manual.

Pertamini Manual

Awalnya, sebelum membuat file ini, saya dimintai tolong oleh teman untuk membuat label pengukur harga bahan bakar yang ditempel di tabung mesin pertamini tabung (manual). Dan yang saya lakukan untuk menentukan jarak per strip tersebut adalah membuat perhitungan menggunakan logika dan matematika. (Bikin rumus sendiri) agar hasilnya sesuai dengan jumlah liter bahan bakar yang dikeluarkan.

Kemudian setelah hasil dari rumus yang saya buat sendiri sudah sesuai dengan mesin pertamini tabung dan takaran bahan bakar (teko literan bbm) atau sudah akurat. Akhirnya rumus tersebut saya buat di dalam sebuah file excel yang bisa teman-teman download dipostingan ini.

Keakuratan kalkulator ini belum bisa dibilang 100%, karena hasil dari label yang dicetak masih terdapat selisih sebesar 0,3 mm untuk tabung berukuran 110 mm/liter. Untuk itu, saya menyarankan pada teman-teman untuk memberikan lebihan sedikit saja pada saat menjual bahan bakar menggunakan mesin pertamini tabung (manual). 

Dan selanjutnya jika teman-teman berkenan memberikan masukan untuk memperbaiki selisih ini,  silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar.

Baik teman-teman, sampai disini dulu artikel kali ini. Tolong di share sebanyak-banyaknya jika kalian merasa artikel ini bermanfaat. Jangan lupa download filenya dengan klik tombol download di bawah dan mohon berikan kritik dan saran yang membangun untuk perkembangan blog ini.

Terimakasih, Wassalamualaikum..

Download Kalkulator Pertamini Tabung



Post a Comment for "KALKULATOR HARGA BAHAN BAKAR DI PERTAMINI TABUNG (PERTAMINI MANUAL)"