REVIEW | SPESIFIKASI LENGKAP XIAOMI REDMI NOTE 5A

XIAOMI merupakan vendor smatrphone yang dikenal mampu menghadirkan smartphone dengan harga yang sangat terjangkau dibandingkan dengan pesaingnya, terutama untuk segmen flagship.

Redmi Note 5A adalah smartphone terbaru Xiaomi yang dirilis di Indonesia pada awal November kemarin. Kalau ditanya harganya, perangkat ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu Rp. 1,5 juta. Dengan harga yang ramah di kantong, apa saja yang kita dapatkan?


Xiaomi Redmi Note 5A

Desain

Biasanya smartphone segmen menengah kebawah memang tidak memiliki desain yang spesial,
hal ini berlaku juga di Redmi Note 5A. Smartphone ini masih memiliki desain yang tidak berbeda dengan seri Redmi Note sebelumnya, hanya saja lebih ringan.

Bobot ringan yang dimiliki hadir dengan penggunaan material plastik hampir di seluruh bagiannya. Ketebalannya lumayan ramping dengan desain unibodi, tapi unibodi pada Redmi Note 5A terbilang sangat baik.

Mengapa? Karena Redmi Note 5A menyediakan tiga slot sekaligus pada SIM tray meskipun hadir dengan desain unibodi. Tiga slot ini memisahkan penggunaan dual SIM dan kartu MicroSD. Hal ini menjadi solusi untuk pengguna yang mempunyai masalah dengan kapasitas memori pada smartphone seri yang sebelumnya, dimana pengguna harus memilih antara menggunakan satu simcard ditambah MicroSD atau dua simcard tanpa MicroSD.


Sayangnya, ketiga tombol yang ada di bagian bawah layarnya tidak disertai lampu backlit. jadi ketika menggunakan smartphone ini, terkadang kita masih harus meraba 3 tombol navigasinya. Satu hal lagi yang kurang dari Redmi Note 5A adalah fitur pemindai sidik jari yang sekarang masih populer.

Layar menjadi poin penting dalam membeli smartphone, Redmi Note 5A mengusung ukuran layar 5,5 inci. Dari segi ukuran bisa dibilang sudah cukup memuaskan, 5,5 inci merupakan layar yang paling pas untuk menikmati konten hiburan di smartphone.


Ukuran layar yang terbilang tidak kecil yaitu 5,5 inci dengan penggunaan material plastik pada Redmi Note 5A merupakan perpaduan yang tepat. Ukurannya yang cukup besar dengan bobot yang sedemikian ringan membuat tangan tidak terasa pegal ketika harus menggenggam perangkat ini saat dipergunakan untuk menonton film di perjalanan.

Antarmuka Dan Software

MIUI yang dihadirkan adalah versi Global 8.5 Stable. Belum diketahui apakah Redmi Note 5 akan mendapatkan MIUI 9. Sistem operasi yang dipergunakan Android 7.1.2 Nougat. MIUI ini sudah bisa dijumpai pada smartphone Xiaomi yang dirilis saat ini.

Dari bentuk ikon, tidak ada yang berbeda dibandingkan MIUI versi sebelumnya. Meskipun demikian, MIUI sebetulnya sudah cukup nyaman dipergunakan dan yang paling penting tidak banyak membawa aplikasi bawaan alias bloatware seperti merek smartphone lain.


Kamera

Kemampuan kamera Redmi Note 5A untuk sebuah ponsel ekonomis sudah cukup memuaskan di atas kertas. Kamera belakangnya memiliki kemampuan 13MP dengan PDAF dan kamera depannya 5MP.

Selama penggunaan dalam beberapa kondisi, kamera depan dan belakang Redmi Note 5A mampu menghasilkan foto yang sangat baik dengan satu syarat, foto yang diambil tidak dengan melakukan zooming. Saat melakukan zooming, sedikit saja hasil fotonya akan menunjukkan bahwa kualitas gambarnya tidak tajam.

Untuk pengambilan foto di dalam ruangan hasilnya juga masih sangat bagus asalkan pencahayaannya cukup. Sedikit efek bokeh juga masih bisa dihasilkan oleh Redmi Note 5A. Dalam kondisi diluar ruangan pada malam hari, kualitas kamera depannya akan menurun sangat drastis.

Kalian bisa tenang untuk kamera belakangnya. Dalam kondisi tersebut kamera belakang Redmi Note 5A masih bisa diandalkan bahkan untuk menangkap foto di antara objek yang bergerak.

Kemampuan perekaman videonya juga memuaskan untuk penggunaan sehari-haru, perangkat ini bisa menghasilkan video beresolusi Full HD. Namun, ketika dipergunakan dalam kondisi yang cukup ramai suara berisik di sekitarnya tidak bisa diredam.

Performa

Redmi Note 5A didukung prosesor Qualcomm Snapdragon 425 dan RAM 2GB serta memori internal 16GB yang bisa ditingkatkan hingga 256GB. Mengingat kebanyakan aplikasi saat ini memiliki kapasitas data serta mengkonsumsi RAM cukup besar, RAM 2GB mungkin hanya bisa bertahan hingga beberapa waktu ke depan saja.

Dalam beberapa pengujian benchmark dengan beberapa aplikasi, Redmi Note 5 mampu menghasilkan skor yang sangat baik. Terutama dalam hal kapasitas baterai tercatat bahwa Redmi Note 5A mampu bertahan hingga 9 jam.

Berbekal baterai berkapasitas 3.080 mAh, sungguh disayangkan perangkat ini tidak mendukung fitur fast charging, sehingga butuh waktu 2-3 jam untuk mengisi daya hingga penuh.

Kesimpulan

Dengan spesifikasi yang diberikan, Redmi Note 5A ini cocok untuk kalian yang membutuhkan smartphone dengan harga terjangkau.
Kapasitas baterai perangkat ini menjadi bukti kalau seri Redmi Note memang bisa diandalkan dari segi daya tahan baterainya.

Demikian review smartphone Xiaomi Redmi Note 5A, semoga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk kalian yang menginginkan smartphone berspesifikasi tinggi dengan harga yang terjangkau.

Post a Comment for "REVIEW | SPESIFIKASI LENGKAP XIAOMI REDMI NOTE 5A"