PELUANG USAHA PANGKAS RAMBUT

Apakah usaha pangkas rambut masih menjanjikan? Jawabannya tentu saja masih sangat menjanjikan, tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya usaha pangkas rambut bisa tetap eksis dan mampu bersaing. Mau tau hal-hal apa saja? Mari kita ulas satu persatu.

Rambut adalah bagian tubuh yang sebagian besar tumbuh dikepala. Meskipun berulang-ulang kali dipotong, rambut akan kembali tumbuh. Hal inilah yang mebuat usaha pangkas rambut menjadi salah satu usaha yang tidak ada matinya. Karena selama manusia mempunyai rambut, selama itulah usaha ini bisa dijalankan.

Peluang Usaha Pangkas Rambut

Selain itu, gaya rambut yang semakin hari semakin kekinian (terutama rambut pria) menjadi faktor kedua yang membuat mereka sering pergi ke tempat pangkas rambut.

Oleh karena kedua faktor tersebut, peluang usaha pangkas rambut masih sangat terbuka lebar. Hal ini yang membuat banyak orang tertarik untuk memulai usaha pangkas rambut. Dan semakin banyak yang memiliki usaha pangkas rambut, akan semakin ketat pula persaingan untuk mendapatkan pelanggan.

Maka dari itu, perhatikan hal-hal berikut ini agar usaha pangkas rambut mampu bersaing dengan yang lainnya.

Mencari Pegawai Potong Rambut yang Ahli

Ini merupakan modal utama dalam membuka usaha pangkas rambut. Pegawai yang bekerja harus memiliki keahlian memangkas rambut. Keahlian ini tidak hanya secara teknis, tapi juga mampu memberikan solusi gaya rambut setiap orang. Karena tiap orang memiliki kepala dan wajah yang berbeda, maka gaya rambutnya juga harus sesuai dengan model kepala dan wajah.

Banyak orang yang tidak puas dengan hasil pangkas rambut karena tidak sesuai dengan bentuk kepala dan wajah mereka meskipun dengan model pangkas rambut yang terbaru. Jika perlu, bekali pegawai dengan keahlian khusus agar bisa memangkas rambut dengan cepat, tepat dan rapih.

Mengikuti Trend Gaya Rambut

Trend gaya rambut pasti akan sering berubah-ubah. Untuk itu wajibkan pegawai untuk mengikuti gaya rambut yang sedang ngetrend. Informasi soal gaya rambut bisa dicari melalui internet, kemudian sampaikan ke pegawai agar mereka mengasah dan mengupgrade skill memangkas rambutnya.

Anak muda jaman sekarang biasanya meminta gaya rambut terkini, atau mengikuti gaya rambut beberapa tokoh atau artis populer.

Sediakan Ruangan yang Nyaman

Antrian saat berada di tempat pangkas rambut bisa menyebabkan orang menjadi bosan. Bahkan karena bosan, mereka memutuskan untuk batal memangkas rambutnya dan pindah ke tempat lain.

Hal ini bisa disiasati dengan cara menyediakan tempat yang nyaman baik di ruang tunggu, atau di ruang pangkas rambut. Untuk ruang pangkas rambut, sebaiknya dipisah dengan ruang tunggu dan gunakan kursi pangkas rambut yang nyaman.

Sedangkan di ruang tunggu, bisa ditempatkan beberapa fasilitas seperti tv, Free Wi-Fi, buku-buku bacaan, kafe mini, dan lain-lain. Dengan begitu, pelanggan bisa memanfaatkan fasilitas untuk menghilangkan kebosanan mereka.

Selain itu, ruang pangkas rambut dan ruang tunggu harus selalu terjaga kebersihannya.

Ramah Dengan Pelanggan

Berikan keramahan pada setiap pelanggan yang datang. Pegawai harus ramah dan bisa berkomunikasi baik dengan pelanggan. Jika pelanggan meminta model rambut tertentu dan ternyata tidak sesuai dengan bentuk kepala dan wajahnya, maka sampaikan secara sopan, ramah dan dengan alasan yang tepat.

Berikan Layanan Full Service

Gaet pelanggan dengan memberikan layanan full service. Misalnya dalam satu paket pangkas rambut sudah terdiri dari pangkas rambut, softdrink, dan pemberian vitamin. Tapi ingat, ini juga akan berdampak pada harga. Untuk itu, berikan perhitungan harga yang wajar dan sesuai dengan kantong pelanggan.

Intinya selalu berikan layanan terbaik untuk pelanggan. Karena ketika pelayanan usaha seperti ini buruk, biasanya pelanggan enggan kembali lagi.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar usaha pangkas rambut yang dijalankan tetap eksis dan mampu bersaing dengan yang lainnya. Jika kedepannya usaha ini berjalan lancar, kalian bisa membuka cabang di tempat lain dengan syarat, pelayanan harus sama termasuk kualitas pegawainya.
Demikian dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "PELUANG USAHA PANGKAS RAMBUT"