Cara Pasang CPE Outdoor Yang Hemat Biaya

Setelah kemarin saya sharing tentang pemasangan CPE Outdoor dengan tambahan POE150S untuk POE Injector dan POE10R sebagai Splitternya. Sekarang saya akan sharing cara pemasangan CPE Outdor yang bisa menghemat biaya. Kenapa bisa menghemat biaya ?, ya karena cara pasang yang ini tidak perlu memakai kedua POE tambahan tentunya.

Terus bagaimana cara pemasangannya ?

Baiklah langsung aja kita bahas disini. Untuk persiapannya cukup sediakan CPE, POE bawaan, adaptor 12 v untuk panjang kabel utp maks. 20 m, kalo sampai 50 meter minimal pakai adaptor 24 v, kabel UTP, konektor RJ45, dan senjata pamungkas yaitu tang crimping sama satu lagi, segelas kopi. hehe..

Yang pertama, pasang konektor RJ45 di kedua ujung kabel lan, kita buat straight. Urutan kabelnya pasti udah tau kan ? kalo belum tau, pada kedua ujung urutan kabelnya yaitu : putih strip orange | orange | putih strip hijau | biru | putih strip biru | hijau | putih strip cokelat | cokelat.

Potong kabel adaptor, jaraknya satu jengkal dari jack adaptornya, kemudian kupas pembungkus kabel UTP di kedua ujung, jaraknya satu jengkal dari konektor RJ45. Jika sudah, potong di kedua ujung yang sudah dibuka pembungkusnya, kabel warna putih strip biru dan biru untuk arus positif dan kabel putih strip cokelat dan cokelat untuk arus negatif.

Sambungkan kabel UTP yang sudah kita potong tadi ujung satu dengan kabel jack adaptor dan yang satunya dengan kabel kepala adaptornya. Ingat, kabel putih strip biru dan biru untuk arus positif, dan kabel putih strip cokelat dan cokelat untuk arus negatif.




Jika sudah disambungkan, selanjutnya kita rapihkan dengan cara bungkus sambungan kabel tadi dengan menggunakan isolasi. Hati-hati saat membungkus kabel, jangan sampai korslet karena berbahaya bagi kesehatan dompet. Hehe..

Oke, kabel sudah selesai disetting, selanjutnya kita hubungkan kabel UTP yang ada jack adatornya ke port LAN POE bawaan dan jack adaptornya ke port power, lalu hubungkan kabel UPT ke port POE dan port LAN di CPE, dan pasang CPE di tiang atau dimana aja kamu mau nempatin. Untuk ujung kabel UTP yang satunya kita hubungkan ke port LAN di PC dan kepala adaptor di colokkan ke terminal listrik.

Sebelum dipasang di tiang, sebaiknya di uji coba dulu, biar nantinya nggak kerepotan bongkar-bongkar tiang kalau ada trouble.

Setelah itu, lakukan setting CPE di browser kamu, dan finish..
Pasang CPE Outdoor Tanpa POE Injector tambahan selesai.

Demikian dan terimakasih, semoga bermanfaat.


Baca juga Cara Mudah Pasang CPE Outdoor TP-LINK TL-WA5210G Untuk Menembak Wifi Jarak Jauh

Klik "Berlangganan" untuk mendapatkan update artikel melalui email

0 Response to "Cara Pasang CPE Outdoor Yang Hemat Biaya"

Post a Comment