Cara Mudah Pasang CPE Outdoor TP-LINK TL-WA5210G Untuk Menembak Wifi Jarak Jauh

Pada postingan kali ini saya akan membahas cara pemasangan CPE Outdoor TP-LINK TL-WA5210G untuk menembak wifi jarak jauh. Jika kamu belum tau CPE Outdoor itu apa, saya akan memberikan sedikit penjelasan yang saya ketahui.

CPE (Customer Premise Equipment) adalah terminal atau peralatan networking yang digunakan sebagai perangkat penerima jaringan nirkabel. CPE ini biasanya dipasang di lokasi client yang jaraknya jauh dari Access Point Server. Jadi intinya, dengan menggunakan alat ini kamu bisa mengakses wifi dari rumah walaupun jarak dengan Acces Pointnya jauh.

Untuk pemasangan CPE Outdoor TL-WA5210 ini cukup mudah, dan berikut ini saya akan sharing pemasangan yang saya lakukan sendiri sehingga coretan ini bisa kamu baca.

Peralatan yang wajib disiapkan :

1. CPE Outdoor TL-WA5210
2. POE Injector TL-POE150S
3. POE Splitter TL-POE10R
4. Kabel UTP  (panjang disesuaikan dengan kebutuhan)
5. Konektor RJ45
6. Komputer / Laptop
7. Tang Crimping

Untuk routingnya, saya buat standar seperti gambar berikut :


Keterangan Gambar :
1. Garis warna merah = Kabel dari CPE ke POE bawaan
2. Garis warna biru = Kabel UTP yang menghubungkan Komputer > POE Injector POE150S > POE10R>POE Injector bawaan.
3. Garis warna hitam = Kabel power

Yang perlu diperhatikan adalah kabel UTP yang dipasang pada POE Injector bawaan dan CPE jangan lebih dari 8 meter, karena pengalaman saya pakai kabel UTP Belden dengan panjang 10 meter saja aliran listrik dari POE ke CPE tidak stabil sehingga CPE tidak bisa hidup dengan normal. sedangkan kabel UTP dari POE Splitter ke POE Injector bawaan bisa pakai kabel UTP bawaan POE Splitter. Dan kabel UTP dari POE Injector POE150S ke POE10R panjangnya bisa sampai 100 meter. Pada POE Splitter TL-POE10R terdapat switch untuk pilihan voltase, pilih voltase 12volt untuk POE Injector bawaan CPE. Perhatikan arah pemasangan konektor  ( Komputer >> LAN IN POE150S >>POWER + DATA >> LAN IN POE10R >> POWER + DATA >> LAN POE Injector bawaan >> POE >> LAN CPE TL-WA5210G).


Kemudian jika tidak menggunakan POE Injector tambahan dan POE Splitter, Silahkan baca Cara Pasang CPE Outdoor Yang Hemat Biaya.

Setelah CPE Outdoor sudah terpasang seperti gambar tadi, lakukan konfigurasi dengan cara login ke pengaturan TL-WA5210G menggunakan Browser Firefox, Internet Explorer, atau Google Chrome.

Demikian dan semoga bermanfaat ..

Post a Comment for "Cara Mudah Pasang CPE Outdoor TP-LINK TL-WA5210G Untuk Menembak Wifi Jarak Jauh"