10 Jenis Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

Saat ini tren wirausaha sedang naik daun di tengah masyarakat kita. Hal ini tidak terlepas dari peran pemerintah yang terus  berusaha mendorong munculnya wirausaha-wirausaha baru sebagai motor pendorong perekonomian. Setidaknya butuh 4 persen dari seluruh jumlah penduduk suatu negara yang bergerak dalam bidang wirausaha agar suatu negara bisa maju perekonomiannya. Kalau kita perhatikan banyak wirausaha baru yang muncul saat ini berskala usaha kecil menengah (UKM) atau yang  sekarang sering diplesetkan menjadi Usaha Kecil Milyaran. Singkatan tersebut bukan sekedar lelucon tetapi memang fakta yang terjadi pada pelaku bisnis yang mempunyai penghasilan sangat menggiurkan. Peluang usaha ini muncul salah satunya karena penggunaan internet dalam bisnis yang bisa menghemat biaya dan dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

peluang usaha,usaha rumahan,modal kecil


Ketika memulai membuka usaha, banyak dari calon pengusaha yang menjadikan modal sebagai penghambat karena merasa tidak memiliki modal yang cukup. Padahal sebenarnya, untuk menjalankan usaha bukanlah modal materi yang terpenting akan tetapi modal non-materi seperti tekad yang kuat dan kerja keras. Saat tekad kita sudah kuat untuk memulai usaha, maka dengan sendirinya jalan akan terbuka dan pikiran kita akan berpikir keras untuk mencari solusi agara usaha  bisa tetap berjalan dengan modal kecil. Menjalankan usaha dengan modal kecil  bisa dilakukan dengan memangkas biaya sewa tempat dan biaya promosi. Untuk biaya tempat, kita bisa menggunkan rumah kita sendiri sebagai tempat usaha. Sedangkan untuk biaya promosi, kita bisa menghemat pengeluaran dengan promosi melalui internet. 
Tulisan ini akan membahas 10 jenis peluang usaha rumahan dengan modal kecil baik itu usaha offline maupun usaha online. Bukan berarti peluang usaha  dengan modal kecil adalah usaha  tanpa modal ya. Tetap yang namanya modal materi dibutuhkan dalam suatu bisnis apapun jenisnya. Yang akan kita bahas di sini adalah peluang usaha dengan modal kecil  tetapi dengan hasil yang menggiurkan. Sudah tidak sabar kan ingin tahu bisnis apa saja itu, mari kita simak bersama.

10 Jenis Peluang Usaha Rumahan dengan Modal Kecil adalah :

A.   Usaha Offline di Rumah 
Ada banyak peluang usaha yang bisa kita kerjakan  di rumah. Hal ini tentu akan menghemat biaya untuk sewa tempat usaha. Beberapa orang lebih senang bekerja di rumah dengan alasan bisa tetap berkumpul dan bertemu dengan keluarga serta mengawasi anak-anak. Yang perlu diperhatikan adalah potensi pasar yang ada di sekitar rumah kita. Harus pandai melihat peluang kira-kira apa yang banyak  dibutuhkan oleh masyarakat sekitar, jangan sampai kita membuka usaha yang sama sekali tidak dibutuhkan oleh masyarakat sekitar tempat tinggal. Berikut ini adalah peluang usaha rumahan dengan modal kecil :

1.     Usaha Kuliner
Usaha  makanan merupakan salah satu dari tiga bidang usaha yang tidak akan pernah mati atau usaha yang potensial sepanjang zaman karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia selain sandang (pakaian) dan papan (properti). Berikut ini adalah peluang usaha kuliner yang bisa anda lakukan di rumah dengan modal kecil :

1.a. Usaha Warung  Makan
Anda memiliki keterampilan memasak? Jika iya, maka membuka usaha warung makan merupakan pilihan tepat. Tidak perlu syarat yang rumit membuka usaha ini, cukup keterampilan anda membuat hidangan yang enak, maka dijamin warung makan anda akan laris- manis. Anda bisa menggunakan rumah bagian depan atau samping untuk didesain menjadi warung makan. Usaha ini akan mempunyai omzet  berkali lipat jika rumah anda berada di area kos- kosan. Di kawasan ini, sebagian besar penduduknya tidak memasak sendiri, tapi lebih suka membeli dan makan di warung makan.

1.b. Usaha Kue
Masyarakat kita mempunyai hobi ngemil di luar jam makan utama. Nah hobi ngemil ini bisa menjadi peluang bagi kita menjual aneka kue. Kue yang dijual bisa berupa kue kering atau kue basah. Bisa juga kue tradisonal maupun yang modern. Yang terpenting adalah cita rasa kue yang anda hasilkan mampu menggoyang lidah konsumen. Cara menjualnya cukup mudah, anda bisa menitipkannya di warung-warung kelontong, dan promosi ke teman dan kerabat. Apabila rumah anda berada di lokasi strategis, anda bisa meletakkan etalase di depan rumah anda sebagai display kue anda. Dan yang pasti usaha ini tidak membutuhkan banyak modal.

1.c. Usaha Jus Buah
Siapa yang tidak suka makan buah, atau meminumnya dalam bentuk jus? Ehm.. sepertinya hampir semua orang menyukai minum jus, ditambah lagi dengan segudang manfaat yang terkandung di dalamnya. Membuka usaha jus buah di rumah adalah salah satu bisnis simple yang bisa dilakukan di rumah. Peralatan  dan bahan yang diperlukannya pun sangat sederhana. Meskipun bisnis ini simple, tapi jangan salah keuntungan yang didapat cukup menggiurkan. Saya mempunyai teman yang bisnisnya hanya jualan jus buah ini dan penghasilannya per bulan melampau gaji PNS. Prinsipnya dalam berbisnis cukup simple, dia punya banyak gerobak jus buah. Jika 1 gerobak mandapatkan keuntungan 50.000 per hari, maka jika dia ingin berpenghasilan 500.000 per hari, cukup dengan menambah gerobak jus buahnya sebanyak 10 gerobak. 

2. Usaha Laundry Pakaian
Usaha ini sangat cocok jika lokasi tempat tinggal anda berada di wilayah kampus dan kos-kosan mahasiswa atau pegawai kantor.  Usaha ini akan selalu rame karena orang yang membutuhkan jasa laundry selalu ada dan  banyak. Kebanyakan mereka yang melaundry-kan pakaiannya tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci dan menyetrika pakaian. Semakin hari, pengguna jasa laundry akan semakin banyak karena biaya yang ditawarkan oleh jasa laundy cukup murah serta hasil yang diberikan lebih bagus dibanding jika dilakukan sendiri oleh konsumen.
Saat ini sudah ada beberapa usaha waralaba laundry dengan brand terkenal. Jika anda memiliki cukup modal, anda  bisa langsung mempunyai usaha laundry dengan membeli salah satu waralaba laundry. Akan tetapi, jika modal menjadi kendala bagi anda, maka memulai usaha laundry sendiri dari nol adalah pilihan yang tepat. Di usaha ini juga tidak perlu manajemen yang rumit. Cara kerjanya simple hanya memberikan pelayanan mencuci dan menyetrika terbaik, maka sudah bisa berjalan dan pastinya bisa dikerjakan di rumah. 

3. Usaha Bimbingan Belajar
Sekarang ini banyak orang tua yang khawatir dengan prestasi akademik putra putrinya. Apalagi dengan adanya Ujian Nasional yang diadakan pemerintah, semakin membuat para orang tua ketar-ketir kalau sampai anaknya tidak lulus ujian. Akhirnya berbagai macam cara dilakukan para orang tua agar anaknya memahami materi sekolah seperti menyuruh anaknya mengikuti Bimbingan  khusus mata pelajaran yang menjadi kelemahan sang anak. 
Tentu saja hal ini merupakan peluang usaha yang bisa anda ambil dengan membuka Bimbingan  Belajar. Berbekal ilmu dan pengetahuan yang anda miliki, anda sudah bisa menjalankan usaha ini. Usaha ini nyaris tanpa modal, hanya sedikit keluar modal untuk membeli  modul tambahan jika belum punya, dan jika usaha anda sudah berkembang, anda bisa merekrut tenaga pengajar untuk membantu usaha anda.

Tidak hanya mata pelajaran sekolah yang bisa anda ajarkan, tetapi bisa juga tentang keahlian khusus anda. Misalkan anda ahli bermain piano bisa membuka les piano, les bermain gitar, les menjahit, les make money online, dan masih banyak lagi, sesuai dengan keahlian anda masing-masing. Keunggulan usaha ini, anda bisa menyalurkan hobi dan keahlian dengan  tetap memberikan penghasilan bagi anda. 

4. Usaha Pangkas Rambut
Selama rambut kepala manusia tidak berhenti tumbuh, maka usaha pangkas rambut ini akan selalu dicari orang.  Beberapa menganggap remeh usaha ini karena tidak tahu betapa gurihnya pendapatan yang dihasilkan. Dan yang pastinya modal usaha untuk memulai usaha ini sangat kecil. Untuk tempat, memakai rumah sehingga tidak ada biaya sewa tempat. Untuk peralatan mencukur lengkap standar membutuhkan biaya sekitar 1 jutaan.  misal per kepala dihargai 10 ribu saja, dan rata-rata per hari memangkas rambut 10 orang, maka pendapatan per bulan mencapai 3 juta.  Hanya dalam waktu 1 bulan usaha ini sudah mencapai BEP bahkan masih mendapat sisa keuntungan. Menarik bukan? Kira-kira ada tidak ya usaha lain yang BEP dalam waktu sebulan?

5. Usaha Jasa Penitipan Anak
Usaha Jasa Penitipan anak sangat potensial dijalankan di zaman modern saat ini terutama di perkotaan. Kesibukan kerja yaang terjadi setiap hari membuat para orang tua terpaksa meninggalkan putra- putri yang mereka sayangi dan sebagai gantinya mereka menitipkan anak-anak yang masih bayi dan balita di tempat penitipan anak. Mengapa para orang tua  mau membayar mahal untuk hal tersebut ?  karena orang tua hanya ingin anaknya bersama orang yang benar-benar berpengalaman sehingga akan berdampak positif terhadap tumbuh kembang sang anak.
Hal yang harus anda persipakan di bisnis ini adalah sarana operasional yang memadai agar anak-anak bisa bermain dan belajar dengan baik. Yang kedua adalah pengetahuan tentang cara mengasuh anak yang baik dan benar. Anda bisa belajar dari yang lebih ahli atau bisa juga mempekerjakan orang yang sudah ahli dalam hal mengasuh anak. Untuk tempat anda bisa menggunakan bagian dari rumah anda dengan menyesuaikannya atau mendokorasi ulang agar anak-anak nyaman bermain. 

Cara berpromosinya cukup mudah yaitu dari mulut ke mulut. Mulailah dari tetangga sekitar rumah anda. Karena ini adalah bisnis kepercayaan, maka berikanlah pelayanan terbaik agar usaha anda segera cepat menyebar dan ramai. 

B. Usaha Online di Rumah 
Sebenarnya semua bisnis offline bisa kita online kan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan maksimal. Kita bisa mempromosikan dan menjual produk/ jasa kita melalui internet. Meskipun anda termasuk orang yang tidak mempunyai produk dan jasa untuk dijual, anda tetap bisa melakukan usaha secara online. Berikut ini adalah  Peluang usaha online terbaik dengan modal kecil yang bisa kita kerjakan di rumah :

1. Usaha Publisher Adsense
Jika anda hobi menulis dan mempunyai website/ blog dengan visitor yang banyak, maka bergabung menjadi publisher adsense adalah pilihan yang tepat. Bahkan saat ini, walaupun tanpa sebuah blog, kita tetap bisa menikmati penghasilan dari adsense yaitu dengan adsense video youtube. Sebagai seorang publisher, tugas kita adalah mendatangkan traffik sebanyak – banyaknya ke blog kita dan memberikan space iklan dari google di blog kita. Pendapatan kita dihitung setiap klik iklan yang tampil di blog kita. Ya memang sesederhana itu alurnya. Tetapi dalam perjalanannya tidak akan semudah yang kita bayangkan. Banyak tantangan yang akan kita hadapi saat menjalankan usaha ini seperti rasa malas saat update artikel, persaingan dalam SEO, dan yang paling berat adalah konsistensi dalam menulis. 
Sudah banyak publisher indonesia yang berhasil di usaha ini dengan pendapatan puluhan sampai ratusan juta per bulan. Jika anda termasuk orang yang memilki keterbatasan modal untuk membuka usaha, maka usaha ini bisa anda coba. Modal utama  di sini adalah tekun dan kerja keras. Jika anda tekun maka sukses akan anda dapatkan melalui bisnis ini.

2. Usaha Toko Online
Saat ini telah banyak yang menjalankan bisnis toko online, mulai dari perusahaan besar sampai dengan usaha perorangan yang dijalankan sendiri di rumah. Usaha ini merupakan salah satu bisnis dengan modal kecil namun menghasilkan penghasilan yang lumayan besar. Tidak heran, banyak sekali saat ini bermunculan pebisnis toko online baru yang memulai menjual apapun melalui internet. Bahkan bagi anda yang tidak mempunyai produk sekalipun tetap bisa berbisnis toko online, yaitu dengan sistem dropship. Bagi anda yang mau mau memulai usaha tetapi terkendala modal dan masih bingung mau usaha apa, maka usaha toko online ini adalah peluang yang harus anda coba.

3. Usaha Affiliasi
Ini adalah jenis usaha yang banyak dijalankan oleh internet marketer, baik marketer indonesia maupun marketer asing. Cara kerja bisnis ini adalah dengan menjual produk orang lain melalui internet dan kita akan mendapatkan komisi atas produk yang terjual melalui kita. Produk yang dijual pun bervariasi bentuknya  baik itu produk fisik, maupun berupa produk digital. Benar- benar jenis usaha yang memerlukan sedikit modal. Walaupun demikian bisnis ini tidak semudah seperti yang anda bayangkan, keahlian dan keterampilan internet marketing anda sangat menentukan keberhasilan anda dalam mengeluti usaha ini. Modal yang diperlukan dalam bisnis ini adalah untuk investasi ilmu dan tools yang diperlukan untuk menunjang marketing agar terjadi penjualan dalam jumlah banyak.

4. Usaha Penulisan Artikel
Semakin banyaknya orang yang berbisnis adsense maka kebutuhan akan artikel yang berkualitas akan semakin besar. Hal ini menjadi peluang usaha yang cukup potensial yaitu dengan membuka usaha jasa penulisan artikel. Tarif yang dipatok oleh penulis artikel bervariasi tergantung kualitas, banyaknya kata per artikel dan bahasa yang digunakan. Artikel bahasa inggris jauh lebih mahal daripada artikel yang berbahasa indonesia. Hampir tidak ada modal berarti untuk memulai bisnis penulisan artikel ini. Ketekunan, kerja keras, keterampilan menulis cepat dan kemampuan bahasa inggris yang bagus adalah modal utama dalam bisnis ini.

5. Jasa Pembuatan Website
Tidak banyak orang yang bisa membuat website secara profesional. Padahal website menjadi bagian terpenting dalam segala macam usaha apalagi bagi perusahaan. Perusahaan dengan modal besar seringkali mencari orang untuk membuatkan website perusahaanya dan mereka mengalokasikan budget yang cukup besar untuk itu. Hal ini jelas menjadi peluang usaha yang sangat bagus dan menguntungkan. Keterampilan dan ahli dalam membuat wabsite menjadi keterampilan wajib bagi anda yang ingin terjun di usaha jasa ini. Hal terpenting lainnya adalah tentang promosi jasa anda. Anda harus pandai memasarkan usaha anda melalui internet dan keterampilan networking yang bagus dengan perusahaan-perusahaan besar agar mempermudah anda saat anda tender proyek pembuatan website. 

Demikian 10 jenis peluang usaha rumahan dengan modal kecil yang bisa saya sajikan. Usaha dengan modal kecil tidak berarti juga berpenghasilan kecil. Bahkan sudah banyak yang membuktikan dengan menekuni usaha-usaha yang dijelaskan di atas, mempunyai penghasilan bersih puluhan juta, ratusan juta, bahkan milyaran rupiah per bulan. Semuanya tergantung diri anda, seberapa besar tekad, usaha, dan kerja keras anda menjalankan usaha tersebut. Siapa yang bersungguh- sungguh dia akan meraih kesuksesan, Usaha Keras Tidak Akan Pernah Mengkhianati.. 

Post a Comment for "10 Jenis Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil"